Perkembangan Bisnis Indonesia dan Pentingnya Berbisnis

Perkembangan Bisnis Indonesia

Menurut M. Manulang dalam bukunya, bisnis merupakan suatu istilah untuk menjelaskan segala aktivitas berbagai industri dari yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

Seiring berkembangnya zaman tidak lepas dari perkembangan bisnis dan teknologi.  Seperti yang kita ketahui bisnis-bisnis mulai bertebaran dan banyak yang telah andil di dalamnya. Teknologi adalah sesuatu yang mendukung bisnis itu sendiri maka tidaklah salah apabila bisnis dan teknologi berkembang pesat hampir secara bersamaan.

Masuknya suatu perkembangan global akan menjadi dampak dalam setiap dunia bisnis, entah itu akan berdampak baik atau sebaliknya akan merugikan. Jika dulu kita mengenal bisnis dengan cara yang sangatlah sederhana, contohnya seperti saat kita melakukan barter untuk saling melengkapi kebutuhan sehari-hari. Kini bisnis tidak hanya menyangkut masalah pribadi belaka melainkan juga melibatkan banyak aktivitas lainnya.

Dunia perbisnisan sangatlah mendominasi sistem perekonomian baik di Indonesia sendiri atau pun di luar Indonesia. Masuknya pengaruh global turut mempengaruhi perkembangan bisnis di Indonesia. Sesuai dengan perkembangan jaman yang semakin berkembang dengan pesat, tumbuhnya berbagai metode bisnis dan trend bisnis yang semakin berkembang, setiap masa akan menemukan ciri khasnya sendiri.

Mayoritas masyarakat Indonesia hidup dari pertanian. Hanya mereka yang hidup di daerah pantai sering terlibat dengan perdagangan kecil-kecilan dan belum pernah memasuki tingkat perdagangan internasional dengan ukuran skala ekonomis. Menurut mereka bahwa pada zaman dahulu para pedagang Indonesia telah aktif berdagang rempah-rempah sampai Gujarat, Teluk Arab, dan Madagaskar. Kemudian muncul Revolusi industri yang membawa perubahan secara drastis dan sangat penting. Adanya mesin uap menimbulkan perubahan; pada pertanian yang tadinya menggunakan bajak, dengan tenaga sapi, kerbau, sekarang diganti dengan traktor dan buldozer  yang bertenaga luar biasa. Akhirnya ekonomi tumbuh pesat dan memberi peluang berkembangnya pabrik-pabrik, perdagangan besar, perdagangan eceran, dan perusahaan jasa baik perorangan atau pun persekutuan.

Krisis ekonomi tahun 1998 telah menghancurkan sendi-sendi perekonomian Indonesia. Segala sektor dari yang besar sampai sektor terkecilpun terkena imbasnya dan terancam kelangsungan hidup usahanya, bahkan para investor asing mencabut bisnisnya di Indonesia. Akibatnya terjadi banyak pengangguran di mana-mana.

Pemilu 1999 memberikan harapan baru bagi dunia bisnis di Indonesia. Usaha di Indonesia berangsur-angsur pulih. Hal ini juga tidak terlepas karena stabilitas negara yang membaik sehingga gairah investasi muncul kembali.. Daya beli masyarakat meningkat lagi dan bisnis-bisnis baru banyak bermunculan.

Di dalam dunia usaha di Indonesia, jenis usaha yang paling banyak adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini terbukti dari seluruh unit usaha di Indonesia yang mencapai 45,7 juta unit usaha (2006), 98% masyarakat bergerak dalam sektor UMKM. Sektor yang paling banyak dilirik adalah jenis usaha berdagang di pasar, warung kaki lima, usaha kerajinan dan produksi barang dalam skala kecil s.d. menengah.

Sejarah perkembangan bisnis memanglah tidak pernah bisa diprediksi, oleh karena itu kita sebagai generasi muda harus selalu memiliki kesiapan untuk menjadi pengganti dari mereka yang telah berusaha keras sebelumnya.

Pentingnya Berbisnis

Bisnis merupakan suatu kegiatan yang di lakukan individu atau kelompok (organisasi ) untuk menawarkan barang dan  jasa kepada masyarakat luas dengan tujuan mencari keuntungan atau pendapatan yang lebih dengan cara transaksi.

Menurut saya, berbisnis sangat penting karena dengan berbisnis kita dapat mendatangkan keuntungan atau laba. Dengan berbisnis kita dapat mendatangkan lapangan pekerkerjaan bagi orang lain dan mengurangi pengangguran. Dengan bebisnis kita dituntut menjadi orang yang lebih baik, maksud kata baik dalam hal ini adalah kita dituntut dalam hal-hal seperti ketekunan dalam menjalankan bisnis tersebut, kedisiplinan dalam menjalankan bisnis tersebut.

Menurut saya, berbisnis itu lebih menguntungkan dari pada menjadi karyawan, dibandingkan dengan menjadi karyawan yang harus menuruti perintah atasan. dengan kita memiliki bisnis sendiri kita bisa membuat peraturan perusahaan kita sendiri, merencanakan pemasaran produk kita sendiri dengan syarat perusahaan kita miliki bisa menjadi efisien. kita bisa mengatur waktu luang kita sendiri dan bisa liburan kapan saja. Jadi selain memberi keuntungan dan nilai tambah pada diri kita, keuntungan lain dari berbisnis juga bisa membuat kita memiliki waktu luang untuk bersenang-senang.

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *